Belajar Membuat, Bolu Kukus

Bismillah.....

Bolu kukus. Makanan jananan yang sangat saya suka. Sewaktu SD dulu hampir tiap hari saya beli makanan ini. hehe.

Saya mencoba membuatnya sendiri dirumah dan Alhamdulillah berhasil. Bolu kukus merekah dengan indahnya dan rasanya enaak..Banyak yang suka..Yippii.. Sekarang saya akan membagikan resep bolu kukusnya.








Bahan :
Terigu 500gr
Gula pasir 500gr
Telur 5 butir
Air Soda 250mL
Vanili 1/4 sdt

Untuk warna coklat menggunakan coklat bubuk(saya gunakan cocoa vanhauten) secukupnya, taruh dalam wadah kemudian beri air sedikit, aduk rata. Jangan terlalu cair.

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah, masukkan semua semua bahan. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga adunan tercapur rata, kental, dan berwarna putih.
  2. Bagi hasil adonan menjadi 2 bagian. Satu bagian diberikan coklat bubuk yang sebelumnya telah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk rata hingga warna berubah merata menjadi warna coklat.
  3. Panaskan panci kukus yang telah diberi air secukupnya hingga benar-benar mendidih dan terlihat banyak uap.
  4. Siapkan cetakan bolu kukus yang telah diberi kertas kue, masukkan adonan putih terlebih dahulu hingga 1/2 bagian lanjut dengan adonan coklat hingga1/8 bagian cetakan terpenuhi. Lanjutkan pada setiap cetakan bolu kukus.
  5. Selanjutnya masukkan kedalam panci kukus yang telah panas, kukus hingga 20 menit. Panci tidak boleh dibuka-buka yaa..agar tidak ada udara yang masuk dan bolu kukus bisa mengembang sempurna.
  6. Angkat, sajikan ^o^...

Selamat mencoba ^o^

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top