Pentingnya Mengerti dan Bisa Berbahasa Inggris

Pernah ga sih terfikir di benak kalian kenapa sih harus bisa bahasa asing, khususnya bahasa inggris???Dulu saya termasuk orang yang males belajar bahasa Inggris karena dulu saya ga suka sama gurunya *nyalahin guru >.<...Tapi sewaktu SMA alhamdulillah mendapatkan seorang guru Bahasa Inggris yang kereen dalam hal mengajarnya..Secara perlahan saya mulai memperlajari Bahasa Inggris sampai sekarang meski belum terlalu lancar juga..hehe..Sewaktu kuliah, saya dan beberapa sahabat saya membuat English Day dalam percakapan kami. Jadi pada hari tertentu kami harus bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa inggris dan menurut saya ini sangat efektif untuk memperlancar kemampuan bahasa inggris. Selain itu kita tidak perlu malu kalau ada yang salah, karena lawan bicara kita sahabat sendiri...hehehe...*saya termasuk pemalu dalam beberapa hal..

Setelah lulus kuliah, saya dan sahabat-sahabat saya berpencar. Sampai sekarang saya belum menemukan sahabat-sahabat seperti mereka :(. Setelah sekian lama (3 thn) tidak menggunakan kebiasaan saya dan sahabat-sahabat saya tersebut, saya jadi amnesia *lebay...hehe... Tapi ini serius. saya jadi lupa banyak kosakata dan akhirnya saya tidak PD lagi berbicara bahasa Inggris. Jadi "Bisa karena Biasa" itu memang benar adanya..

Semenjak saya membaca buku 99 Cahaya di Langit Eropa, saya jadi punya keinginan pergi keliling eropa dan menjadi agen Muslim yang baik. Maksudnya bagaimana???Maksudnya adalah, selaian saya ingin melihat keindahan Kota-kota di benua Eropa dengan segala peninggalannya, saya juga ingin memberitahu pada orang-orang Barat yang mungkin selama ini banyak mencap Islam sebagai teroris. Saya ingin bisa berkomunikasi dengan mereka dan berbincang banyak hal tentang Islam sehingga bisa merubah paradigma mereka.

Selain karena alasan diatas, setelah saya fikirkan kembali, mempelajari bahasa Inggris itu memang sangat penting. Kenapa??? Saya menemukan beberapa alasan yang bagi saya sangat penting untuk mempelajari dan bisa menggunakan Bahasa Inggris.
  1. Bisa dibilang bahasa Inggris adalah "bahasa dunia". Di seluruh negara di dunia mempelajari bahasa ini. Bagi saya yang mempunyai keinginan untuk ke luar negeri, bisa berbahasa inggris adalah wajib dan pastinya akan membuat perjalanan lebih menyenangkan. Kita jadi bisa berkomunikasi dengan mereka tanpa harus menggunakan bahasa isyarat..hhehe
  2. Satu tahun lagi (2015) kita akan menghadapi AFTA (Asean Free Trade Agreement).  Dimana akan terjadi pasar bebas dalam segala hal, pun tidak menutup kemungkinan dalam pekerjaan. Jadi saingan kita bukan  sesama orang Indonesia lagi, tapi dengan orang asing juga. Jika kita tetap ingin menjadi TUAN di rumah kita sendiri, tentunya kita harus mempunyai kemampuan tambahan dan secara otomatis bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting kita kuasai. Jika tidak, siap-siap Indonesia akan menjadi penonton saja atau bahkan pembantu di rumah sendiri.
  3. Akses terhadap Pengetahuan. Sudah kita ketahui semua bahwa banyak sekali literatur yang kita gunakan saat kuliah itu adalah berbahasa Inggris. Ini membuktikan bahwa akses terhadap Pengetahuan apabila kita bisa berbahasa Inggris sangatlah luas. Selain itu peluang kita untuk bisa melanjutkan studi diluar negeri pun terbuka lebar.
Saya jadi teringat kakak tingkat saya sewaktu kuliah, Sebut saja namanya Badai dan Tsunami...hehe..Mereka berdua memang cukup terkenal di kalangan mahasiswa, selain karena mereka adalah seorang "aktor", Otak Kreatif, cerdas dan tingkah mereka yang uniklah yang membuat semakin dikenal. Saat ini mereka sedang mengejar beasiswa untuk melanjutkan kuliah diluar negeri. Percakapan mereka di medsos pun menggunakan bahasa inggris. Saya merasa iri dengan mereka karena mereka terlihat pandai sekali berbahasa Inggris. Berawal dari kekepoan saya kenapa mereka bisa sepintar itu dalam berbahasa inggris, akhirnya saya memberanikan diri bertanya pada Tsunami. *karena waktu jaman SMA saya takut bgt sama Tsunami ini soalnya wajahnya yang judes sangat menyeramkan untuk saya..hahaha.Tapi setelah kuliah, ternyata Beliau tidak seseram yang saya bayangkan..hehe :p maafkan..hhe

Setelah berbincang-bicang dengan Tsunami kenapa Beliau bisa sepintar itu dalam berbahasa inggris dan mendapatkan banyak saran dan pesan darinya, seakan-akan saya mendapatkan angin segar. Bahwa Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan tidak perlulah kita malu untuk memulai sesuatu, kesalahanmu jadikanlah pelajaran untuk melangkah lebih maju. Diakhir perbincangan kami beliau berpesan "You have to learn English soon as fast you can. Because we don't know what will happen to us in the future and what kind of oportunities will be come in front of our face"

Saya tutup tulisan ini dengan sebuah cerita dari Beliau..
Di suatu Rumah tinggallah seekor Ibu Tikus dan ketiga anaknya. Pada suatu malam, Ibu tikus mengajak ketiga anaknya untuk mengendap-ngendap pergi ke dapur mencari makanan. Di perjalanan menuju dapur, tiba-tiba muncullah seekor kucing milik sang tuan rumah. Ibu Tikus dan ketiga anaknya terkaget-kaget karenanya. Kucing tersebut menggeram di depan Ibu Tikus dan anak-anaknya. Tapi tiba-tiba Sang Ibu Tikus berdiri dengan gagah dan dengan serta merta dia menggonggong."Guk....Guk....Grrrrrrhhh". Si kucing pun lari ketakutan dan mereka pun selamat. Lalu Sang Ibu Tikus berkata pada anak-anaknya "Itulah Pentingnya Bahasa Asing Nak".

Feni Widya Jayanti

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top