Macaroni Schotel Kukus Panggang

Bismillah...
Di akhir tahun kemarin, kebetulan saya ingin bertemu dengan sahabat saya yang kebetulan saat itu langi di Bandung. Sahabat saya ini sedang hamil dan beberapa hari sebelumnya ia mengirim pesan pada saya bahwa ia ingin Macaroni Schotel buatan saya..Wiiih...Bumil lagi ngidam nih fikir saya..hehe...Tanpa fikir panjang..okee..Saya langsung merenakan untuk berkunjung ke rumahnya dan mulai membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Macaroni Schotel ala Feni...hehe :D...



Bahan-Bahan yang dibutuhkan:
Makaroni                                  150gr
Susu  Murni                             500ml
Telur ayam                                  3butir(kocok lepas)
Tepung Terigu                            2sdm(dicairkan)
Daging Cincang/kornet         100gr
Sosis Ayam                               50gr(2buah, potong bulat)
Keju                                           50gr(diparut)
Bawang Bombang                  100gr (dicincang halus)
Margarin (untuk menumis)      1sdm
Garam                                   1 1/2sdt                                 
Merica                                      1/4sdt
Pala Bubuk                              3/4sdt
Minyak                                    3/4sdt

Cara Membuat:
  1. Rebus Makacaroni sampai matang, SEBELUMNYA..masukan sedikit minyak(3/4sdt) kedalam air rebusan agar Macaroni tidak saling menempel. Setelah matang, tiriskan.
  2. Tumis bawang bombay sampai harum dengan menggunakan margarin. Setelah itu masukan daging cincang/ kornet dan tumis hingga matang.
  3. Selanjutnya masukan Susu, telur yang telah dikocok lepas,tumisan bawang bombay daging dan terigu yan telah dicairkan ke dalam panci, lalu panaskan sambil di aduk-aduk hingga hampir mendidih. (Jangan sampai terlalu kental)
  4. Masukan Makaroni, keju (25gr), garam, merica, pala kedalam panci. Aduk-aduk kembali hingga mendidih dan adonan macaroni schotel terlihat kental. Setelah itu, sisihkan.
  5. Siapkan loyang yang sisi-sisinya telah diolesi dengan margarin, kemudian tuangkan adonan macaroni schotel tadi ke dalam loyang.
  6. Taruh potongan sosis ayam diatas adonan lalu kukus hingga 30 menit.
  7. Setelah 30 menit, keluarkan loyang dari kukusan lalu taburi keju(25gr) diatas adonan macaroni tadi.
  8. Setelah itu, panggang selama 20 menit untuk mengasilkan macaroni dengan warna yang cantik dan tekstur tidak terlalu lembek
  9. Angkat dan sajikan ^o^.... 
Setelah membuat Macaroni Schotel Kukus Panggang ini, siang harinya saya langsung mengantarkannya ke rumah sahabat saya itu. Dan Alhamdulillah setelah disantap olehnya, ternyata ENAK. Alhamdulillah.. ^o^ Saya paling senang kalau ada yang berkata enak dan lahap menyantap makanan yang saya buat ^o^...Semoga kelak ketika telah berkeluarga, saya bisa menghidangakan makanan yang enak dan bergizi untuk suami dan anak-anak saya >o<...aamiin ^-^

Oh ya, kenapa sih saya membuat Macaroni Schotel Kukus Panggang??Kenapa ga Macaroni Panggang aja atau Macaroni Kukus aja??Soalnya Oven yang ada di rumah saya itu Oven jadul,,,hehe...jadi saya takut ga matang adonannya..Maka dari itu, saya mengantisipasinya dengan mengkukusnya terlebih dahulu. Lalu kenapa ga Macaroni Kukus aja???Soalnya, dari ilmu yang saya pelajari, Ibu Hamil itu kalau melihat makanan yang lembek suka mual, maka dari itu agar teksturnya tidak terlalu lembek saya antisipasi dengan memasukannya ke oven.. ^o^...Dan Alhamdulillah sahabat saya ini menyantapnya dengan lahap dan tidak mual ^o^...

Sekian berbagi resep kali ini. Semoga bermanfaat ^o^.. Lain kali saya bagi-bagi resep lagi ^o^..
Terima kasih ^o^

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top