Shaum Sunnah Syawal dulu atau Shaum Bayar Hutang Ramadhan dulu ya???

Bismillah..

Dalam postingan sebelumnya telah dijelaskan bahwa pada bulan Syawal ini dianjurkan untuk melaksanakan shaum sunnah 6 hari. :) Namun, timbul pertanyaan. Shaum sunnah syawal ini dikerjakan 6 hari berturut-turut atau boleh terpisah???Sebaiknya kita membayar hutang Shaum Ramadhan kita atau shaum sunnah syawal dulu???

Saya merujuk pada Buku Fiqih Puasa karya DR. Yusuf Qardhawi yang saya baca. Kesimpulan yang saya dapat dari buku tersebut, bahwa Shaum sunnah Syawal tidak harus dikerjakan secara berturut-turut, asalkan shaum tersebut di kerjakan sejumlah 6 hari dan dilaksanakan di bulan syawal :). Jadi terpisah-pisah pun InsyaAllah boleh asalkan di bulan Syawal :)

Lalu untuk pertanyaa yang kedua, Bayar Hutang Shaum Ramadhan dulu atau Shaum sunnah Syawal dulu??Untuk hal ini ada dua pendapat.

Penadapat pertama, kita harus memprioritaskan bayar hutang Shaum Ramadhan dulu karena hal itu merupakan kewajiban. Hutang itu wajib di bayar. Sedang Shaum sunnah Syawal kan jelas bersifat sunnah. Kita harus mengutamakan yang wajib baru yang sunnah.

Pendapat kedua, kita lakukan shaum sunnah Syawak dulu karena bulan Syawal kan cuma ada 30 hari. Sedangkan untuk bayar hutang Shaum Ramadhan bisa di bulan-bulan selanjutnya.

Saya merujuk dengan yang dikatakan Ustad Felix Siauw. Kesimpulannya, bahwa itu semua kembali pada individu masing-masing. Bayar hutang dulu boleh, shaum sunnah dulu boleh. Namun, alangkah baiknya kita mengerjakan yang wajib terlebih dahulu, baru yang sunnah. 
Syawal ada 30 hari, 
misalkan seorang wanita A hutang Shaum Ramadhan 10 hari, masih ada sisa 20 hari di bulan syawal. 
Biasanya A ini ada halangan tiap bulan 10 hari, masih ada sisa 10 hari di bulan syawal. Dikurangi 1 hari Tasyrik, tinggal sisa 9 hari lagi. 
Jika kita lakukan shaum sunnah syawal, 9hari-6hari=3hari. 
Ya, masih sisa 3 hari lagi di bulan Syawal setelah kita bayar hutang dan melaksanakan shaum sunnah Syawal. ^o^

Sebenarnya kita bisa membayar hutang sekaligus melaksanakan Shaum sunnah di bulan Syawal ini. tapi itu semua tergantung kekuatan niat masing-masing ^o^..

Tapi apabila kita ingin mengerjakan shaum sunnah dulu ya tidak apa-apa InsyaAllah :).

Wallahu'alam

CONVERSATION

1 komentar:

  1. assalmu'alaikum wr. wb
    kalo puasa sunah syawalnya kurang dari 6 hari gimana?

    BalasHapus

Back
to top